Berbatik

Jumat, 15 Februari 2013

Po’pok ,Hantu asal Tana Toraja

      Po’pok adalah roh jahat yang memperalat manusia untuk menampakkan diri dalam melaksanakan keinginannya.Menurut orang,seseorang dapat mengidap po’pok atau po’pokan karena faktor keturunan,ketularan atau salah menggunakan guna-gunanya.Makhluk ini hanya muncul malam hari.Ketika hendak keluar,biasanya perutnya akan ditinggalkan di suatu tempat di bagian rumah. Kalau ada orang yang mau menjahatinya ,maka perut itu bisa dibumbuhi garam,cabe atau cuka sehingga orang po’pokan itu mati.

      Po’pok melihat dari atas ,dari bawah kolong rumah dan melihat tembus hati orang terutama orang yang tidur terlentang.Wujudnya seperti manusia tetapi bersayap.Dia juga bisa berbentuk hewan seperti babi dan burung.

       Po’pok ini memakan hati manusia,terutama orang yang tidur terlentang,memakan hati orang yang keadannya kritis/sakit keras, memakan buah-buahan,mengisap darah manusia dan hewan dan juga sebagai perantara antara bombo dan nenek moyang.Konon, kalau arwah seseorang tidak diterima di dunia Puya ( dunia akhirat) ,maka po’pok berusaha menyembuhkannya dengan mencarikan obat/jalan keluarnya.

Adapun cara menghindar dari hantu ini adalah
  • Melemparkan pinang agar menjadi manusia kembali,
  • Menghamburkan garam ke kolong rumah,ke halaman atau dapur
  • Disiram air panas
  • Menggantung pesangle /pesarrin ongkan ,sejenis sendok masakan, agar po’pok tidaj mendekat
  • Membawa Sualang
  • Dipukul sekali saja,karena lebih dari sekali maka ia tidak akan mati,bahkan sebaliknya akan membahayakan orang yang memukulnya
Referensi: Roh-roh dan kuasa gaib

BACA JUGA



Salam Pemuda Toraja,Heriyanto Rantelino
http://www.facebook.com/ryan.rantelino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar